Soal & Kunci Jawaban

Bank Soal | Gudang Soal | Kumpulan Soal | Latihan Soal | Soal Ulangan | Kunci Jawaban | Terbaru

Tuesday, August 5, 2014

Gudang Soal Bahasa Indonesia kelas 5 sd semester 2 2014/2015

A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi  tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!
Bacaan untuk nomor 1 sampai dengan nomor 5
Bangun Timmy
Suatu pagi yang cerah, terdengar jam berbunyi. Tik, tok, bong! Matahari mulai bersinar. Angin bertiup sepoi-sepoi. Kucing dan anjing mulai berkejar-kejaran. Jam menunjukkan pukul delapan.
“Bangun! Bangun! Bangun!” teriak si jam. Timmy tetap tidur. Sinar matahari yang hangat menembus masuk melalui jendela. Dia menari di atas hidung Timmy. Matahari berkata, “Bangun, Timmy! Lihatlah matahari! Saatnya bangun dan berbahagia!” Namun Timmy tetap saja tidur.
Angin sepoi-sepoi menari ke sana kemari. Ia berbisik di telinga Timmy, “Timmy, ini saatnya bangun dan mulai bermain!” Tapi Timmy tetap saja tidur. Burung cokelat hinggap di jendela, “Timmy, Timmy, sudah siang! Semua cacing telah meninggalkan liangnya!” teriaknya. Timmy tetap tidur.
Dikutip dari: “Wake Up, Timmy”, terjemahan Gita Ayu Dewata Rochmawati
dalam Bobo No. 17/XXXI/2003
1. Tokoh bacaan di atas adalah
        a. Matahari                                 c. Timmy                                    b. Tommy                                  d. Burung cokelat
2. Cerita di atas terjadi di
        a. ruang mandi                          b. ruang belajar                      c. ruang makan                       d. ruang tidur
3. Cerita diatas terjadi pada
        a. pukul tujuh pagi                   b. pukul delapan pagi           c. pukul sembilan pagi          d. pukul delapan malam
4. Yang berbicara pada bacaan tersebut adalah
        a. jam, matahari, angin, dan cacing                                    b. jam, matahari, angin, dan Timmy
        c. jam, Timmy, matahari, dan burung cokelat                    d. jam, matahari, angin, dan b
urung cokelat
5. Timmy berwatak
        a. rajin bangun                          b. malas bangun                     c. pendiam                                d. acuh
6. Musibah banjir dan tanah longsor dapat diatasi dengan
        a. menebangi pohon    b. menggunduli hutan     c. merusak alam   d. memelihara hutan, melestarikan pohon
7. Hubungan antara alam dan manusia diibaratkan hubungan antara dua
        a. sahabat                                   b. musuh                                   c. sepupu                                  d. saudara
8. Pada cerita “Berani Berkata Jujur” terdapat ungkapan sebuah kebohongan akan diikuti oleh . . . lain untuk menutupinya.
        a. kebaikan                                 b. kemuliaan                            c. kebajikan                              d. kebohongan
9. Menulis puisi bebas dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kecuali.
a. memperbaiki bagian-bagian yang diperlukan                b. mengembangkan gagasan utama menjadi puisi bebas
c. mengembangkan gagasan utama menjadi karangan bebas            d. menentukan gagasan utama atau ide
10. Kupetik engkau
        Melati di balik jendela
        Kutaruh di meja
        Semerbakmu ke mana-mana
        Puisi di atas membahas tentang………
a. memetik bunga                   b. melati                                    c. bau semerbak                     d. melati di atas meja
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan cara menulis puisi bebas!
2. Apa saranmu terhadap teman yang suka berkelahi?
3. Apa komentarmu terhadap tokoh Adi dalam bacaan “Berani Berkata Jujur”?
4. Mengapa Adi akhirnya berkata jujur pada ibunya?
5. Apa yang kamu lakukan seandainya menjadi Adi?




A. Pilihan Ganda
1. c 6. d
2. d 7. a
3. b 8. d
4. d 9. c
5. b 10. b

B. Uraian
1. – Menentukan gagasan utama atau ide.
– Mengembangkan gagasan utama menjadi puisi bebas.
2. Sebaiknya kau hilangkan kesukaanmu berkelahi.
3. (Kreativitas siswa).
4. Karena dia merasa semakin berdosa pada ibu dan juga pada si Belang.
5. Berbicara sejujurnya sejak awal. (Kreativitas siswa).

sumber:
Kunci 137-138 Bahasa Indonesia 5 SD/MI


 bahasa indonesia, kelas 5, semester 2, materi sinonim, antonim, awalan ber-, imbuhan me-, sisipan -em, -er

1. Mengartikan dan Menggunakan Kata
a. Sinonim atau padan kata
Contoh:- kumuh = kotor                               =Kebanyakan para pemulung bertempat tinggal di daerah kumuh.
- bencana = musibah      =Musibah banjir sekarang sudah berlalu.
b. Antonim atau lawan kata
Contoh:- tandus >< subur            =Karena erosi tanah yang subur menjadi tandus.
- lancar >< terhambat    =Setelah saluran diperbaiki, air yang terhambat menjadi lancar.

2. Membentuk Kalimat dengan Kata Berimbuhan
a. Kata berawalan ber-
Contoh:- ber + main : bermain _ Anak-anak bermain kucingkucingan.
- ber + kerja : bekerja _ Agar sukses harus rajin bekerja.
- ber + ajar : belajar _ Belajarlah dengan tekun!
b. Kata berimbuhan me-
Contoh:- me + atur : mengatur _ Anak-anak sedang mengatur meja di dalam kelas.
- me + sapu : menyapu _ Tiara menyapu halaman.
- me + pupuk : memupuk_Petani memupuk tanamannya.
c. Kata bersisipan -em, -er
Contoh:- em + gulung : gemulung _ Awan putih tampak gulunggemulung.
- em + getar : gemetar _ Badanku gemetar karena kedinginan.
- er + gigi : gerigi _ Gerigi mesin itu rusak karena tidak dirawat.

3. Arti Awalan ber .
a. Berarti memakai
Contoh:- Yang berbaju merah itu adikku.
b. Berarti mengendarai
Contoh:- Paman berkuda mengelilingi kebun teh.
- Kakek dan Nenek berkereta ke Bandung.
c. Berarti melakukan
Contoh:- Guru-guru SD sekecamatan bertamasya.
- Anak-anak bernyanyi bersama ketika akan pulang sekolah.

1.       Diana : “Risma,...! Di mana kau? Mari kita berangkat sekarang!”
        Risma : “O, Diana! Maaf An, hari ini saya tidak dapat masuk sekolah. Ibu saya sakit ketika pulang dari sawah kemarin. Saya harus menjaganya. Untuk itu, saya minta tolong agar nanti disampaikan kepada Bu Guru.”
        Diana : “O, sayang! Ya, nanti saya sampaikan!”
Diana menyampaikan pesan Risma kepada Bu Guru dengan kalimat . . . .
2.       Warga kampung bergegas menyelamatkan diri karena takut . . ……………………banjir.
3.       Para warga meninggalkan tempat tinggalnya. Mereka membawa bekal secukupnya. Mereka mencari tempat yang aman karena rumahnya tergenang air.
Penyebab peristiwa tersebut adalah . . . .
4.       Taufik : “Kemarin saya pergi ke taman bunga. Saya senang melihat bunga mekar. Indah sekali.”
Hasan : “Dengan siapa kau ke sana?”
Taufik : “Dengan ayah, ibu, dan adik saya.”
Taufik dan Hasan sedang bercerita tentang . . . .
5.       Kesadaran penduduk terhadap tertib kebersihan lingkungan sangat rendah.
Padan kata yang dicetak miring adalah . . . .
6.       Pagi hari ketika cahaya matahari mulai tampak, para petani turun ke sawah. Mereka berangkat sambil memanggul cangkul.
Cerita tersebut menggambarkan lingkungan . . . .
7.       Bunga berwarna-warni bertebaran. Kumbang dan kupu-kupu saling berebut hinggap di bunga-bunga tersebut. Terlihat anak kecil mengejar kupu-kupu.
Cerita tersebut menggambarkan . . . .
8.       Lalat (terbang) sampah (serak) menambah suasana kumuh tempat pembuangan sampah.
Kata-kata dalam kurung seharusnya ditulis . ……………………… . dan . . ………………………... .
9.       Ketika air pasang, para warga di tepi sungai merasa khawatir.
Lawan kata yang dicetak miring adalah . . . .
10.   Yustito : “Is, Amri ikut aku?”
Ismail : “Ke mana? Lagi pula banjir baru surut.”
Yustito : “Membersihkan sampah supaya surutnya lebih cepat. Itu, lihat! Sampah menyumbat selokan.”
Ismail : “ .... ”
Yustito : “Benar! Edo, Bonar, Peter, dan lain-lain.”
Tanggapan yang disampaikan Ismail adalah . . . .

Blog berisi tentang soal dan kunci jawaban pembahasan tingkat sekolah dasar yang dapat anda dapatkan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Pages

Back To Top