Kunci Jawaban TKA Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tahun 2025/2026
A. PILIHAN GANDA (35 Soal HOTS)
Teks untuk soal 1–5
“Setiap hari Minggu, lapangan desa selalu ramai. Anak-anak bersepeda, para pedagang berjualan, dan warga berolahraga. Namun, setelah kegiatan selesai, banyak sampah berserakan. Padahal, sudah tersedia banyak tempat sampah. Pemerintah desa mengimbau agar warga lebih peduli agar lapangan tetap bersih.”
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah…
A. Anak-anak bersepeda di lapangan
B. Lapangan desa selalu ramai setiap Minggu
C. Lapangan menjadi kotor karena sampah berserakan
D. Pemerintah desa memberi banyak tempat sampah
2. Masalah utama dalam teks adalah…
A. Warga malas datang ke lapangan
B. Banyak pedagang yang tidak tertib
C. Sampah berserakan meski ada tempat sampah
D. Warga jarang olahraga
3. Sikap yang diharapkan pemerintah desa adalah…
A. Warga tidak datang ke lapangan
B. Warga membayar petugas kebersihan
C. Warga lebih peduli terhadap kebersihan
D. Anak-anak tidak bermain sepeda
4. Informasi tersirat dari teks adalah…
A. Lapangan hanya digunakan pedagang
B. Warga belum disiplin membuang sampah
C. Tempat sampah tidak mencukupi
D. Anak-anak suka bersepeda
5. Jika masalah dalam teks dibiarkan, kemungkinan yang terjadi adalah…
A. Lapangan makin ramai
B. Warga semakin semangat berolahraga
C. Lapangan menjadi tidak nyaman digunakan
D. Pedagang semakin banyak
Teks untuk soal 6–10
“Siti ingin membuat poster tentang hemat listrik. Ia menuliskan kalimat ‘Matikan lampu jika tidak digunakan.’ Namun, ia merasa posternya kurang menarik. Ia menambahkan gambar bola lampu dan warna mencolok agar lebih mudah dilihat.”
6. Kalimat yang tepat untuk tujuan poster Siti adalah…
A. “Gunakan listrik sebanyak mungkin.”
B. “Ayo matikan lampu saat tidak dipakai!”
C. “Lampu membuat ruangan menjadi terang.”
D. “Listrik sangat penting bagi kita.”
7. Informasi tersirat dari teks adalah…
A. Poster harus berwarna agar terlihat menarik
B. Poster tidak perlu gambar
C. Semua poster harus bertema listrik
D. Siti tidak suka menulis
8. Unsur persuasi dalam teks ada pada…
A. Penjelasan manfaat lampu
B. Kalimat anjuran untuk hemat listrik
C. Warna mencolok
D. Gambar poster
9. Poster Siti menjadi lebih menarik karena…
A. Warnanya gelap
B. Banyak tulisan panjang
C. Gambar dan warna mencolok
D. Tidak ada kalimat ajakan
10. Mengapa Siti menambahkan gambar?
A. Untuk mempercantik ruangan
B. Supaya posternya lebih persuasif
C. Agar tulisannya tidak perlu dibuat
D. Agar posternya lebih mudah dibaca
Soal 11–35 (tanpa teks)
11. Kalimat yang tidak efektif adalah…
A. Budi sangat rajin belajar setiap malam.
B. Rina pergi ke sekolah naik sepeda.
C. Para siswa-siswa berkumpul di aula.
D. Kami mendengarkan penjelasan guru.
12. Sinonim kata “cerdas” adalah…
A. Pintar
B. Malas
C. Lemah
D. Lamban
13. Antonim kata “mematuhi” adalah…
A. Mengikuti
B. Menyetujui
C. Melanggar
D. Mendukung
14. Kalimat berikut yang termasuk fakta adalah…
A. Belajar adalah kegiatan yang membosankan.
B. Sekolah adalah tempat menuntut ilmu.
C. Membaca adalah hobi terbaik.
D. Semua siswa suka matematika.
15. Kalimat berikut yang menunjukkan opini adalah…
A. Indonesia terdiri atas banyak pulau.
B. Jakarta adalah ibu kota negara.
C. Buah mangga rasanya paling enak.
D. Air membeku pada suhu 0°C.
16. Paragraf yang padu adalah…
A. Sekolahku sangat bersih. Warnanya biru. Ada kantin di dekat rumahku.
B. Pantai itu indah. Pasirnya putih dan anginnya sejuk. Banyak wisatawan datang.
C. Ibu memasak nasi. Adikku menggambar. Ayah membeli sepatu.
D. Budi tidur siang. Karena dia haus, ia minum air. Ia membeli buku baru.
17. Kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat pada…
A. Kami pergi ke pasar Minggu.
B. Ayah membeli baju di toko Baru.
C. Kakek tinggal di Bandung.
D. Rumahku berada di Jalan Kenanga.
18. Makna konotatif kata “ringan tangan” adalah…
A. Suka membantu
B. Tangan kecil
C. Tidak berbeban
D. Suka memukul
19. Kalimat ajakan terdapat pada…
A. Tolong bantu ibu membawa piring.
B. Jangan membuang sampah sembarangan!
C. Mari kita menjaga kebersihan kelas!
D. Ibu sedang memasak di dapur.
20. Kalimat yang mempunyai SPOK adalah…
A. Rina membaca buku di kamar.
B. Ayah tidur.
C. Ibu memasak.
D. Kakak berenang.
21. Kalimat yang tepat untuk iklan layanan masyarakat tentang lingkungan adalah…
A. “Buanglah sampah ke sungai!”
B. “Hematlah kertas agar hutan tetap lestari!”
C. “Harga kertas kini sangat murah!”
D. “Kertas penting untuk sekolah!”
Soal 22–25 (grafik)
Jumlah buku yang dibaca siswa dalam 4 hari:
Senin 2, Selasa 4, Rabu 3, Kamis 5
22. Hari dengan jumlah bacaan terbanyak adalah…
A. Senin
B. Selasa
C. Rabu
D. Kamis
23. Total buku yang dibaca adalah…
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
24. Jika pada Jumat siswa membaca 3 buku, total minggu itu menjadi…
A. 15
B. 16
C. 17
D. 18
25. Informasi tersirat dari grafik adalah…
A. Siswa tidak suka membaca
B. Kebiasaan membaca meningkat menuju Kamis
C. Buku paling sedikit dibaca hari Kamis
D. Hari Senin paling sibuk
26. Kalimat perbaikan untuk “Rina membaca buku dengan diam.”
A. Rina membaca buku dengan suara keras.
B. Rina membaca buku dengan tenang.
C. Rina berteriak saat membaca.
D. Rina membaca buku dan diam.
27. Kata baku dari “kwalitas” adalah…
A. Kualitas
B. Kwualitas
C. Kuwalitas
D. Kwalitas
28. Kata berimbuhan me– yang tepat adalah…
A. Membeli
B. Mejalan
C. Memkalung
D. Mensepeda
29. Kalimat yang menggunakan tanda koma dengan benar adalah…
A. Saya membeli buku, pulpen dan tas.
B. Ibu memasak nasi, sayur, dan ikan.
C. Adik, makan, di dapur.
D. Kami, belajar matematika.
30. Kalimat yang sesuai untuk pengumuman adalah…
A. Tolong kumpulkan tugasmu sekarang!
B. Diumumkan bahwa kelas 6 akan mengikuti try out pada Senin.
C. Saya sangat senang belajar hari ini.
D. Ayo liburan bersama!
31. Kalimat definisi adalah…
A. Sepeda adalah alat transportasi beroda dua.
B. Sepeda itu sangat bagus.
C. Sepeda ayah berwarna merah.
D. Saya ingin membeli sepeda.
32. Makna kata “musyawarah” adalah…
A. Berdebat keras
B. Berdiskusi untuk mufakat
C. Bertukar barang
D. Bertanding
33. Kalimat yang menunjukkan sebab–akibat adalah…
A. Karena hujan deras, sekolah diliburkan.
B. Saya membeli buku baru.
C. Ayah pergi bekerja.
D. Kakak menyapu halaman.
34. Perbaikan kalimat “Saya sama Rina pergi ke pasar.”
A. Saya pergi ke pasar.
B. Rina pergi ke pasar.
C. Saya dan Rina pergi ke pasar.
D. Pasar sangat ramai.
35. Kata yang tepat untuk melengkapi: “Rina sangat … dalam mengerjakan tugas.”
A. malas
B. lambat
C. teliti
D. bingung
🟧 B. ISIAN (10 Soal HOTS)
36. Sinonim kata “indah” adalah …
37. Antonim kata “berani” adalah …
38. Tema dari cerita tentang persahabatan adalah …
39. Kata baku dari “aktifitas” adalah …
40. Kalimat ajakan dimulai dengan kata …
41. Makna kata “mufakat” adalah …
42. Perbaikan kalimat “Guru menjelaskan tentang pelajaran matematika dengan jelas.” adalah …
43. Judul yang tepat untuk teks tentang menjaga kebersihan adalah …
44. Dalam iklan, kata-kata harus bersifat …
45. Kalimat efektif harus menyertakan unsur …
🟦 C. URAIAN (5 Soal HOTS)
46. Bacalah paragraf berikut:
"Membaca buku dapat menambah wawasan. Namun, masih banyak siswa yang malas membaca. Padahal sekolah telah menyediakan perpustakaan lengkap."
Jelaskan masalah utama dan solusinya!
47. Buatlah kalimat persuasi tentang menjaga lingkungan sekolah.
48. Pada sebuah grafik, jumlah sampah yang terkumpul meningkat setiap hari. Jelaskan kesimpulan yang dapat diambil dari grafik tersebut.
49. Mengapa sebuah paragraf harus memiliki ide pokok? Jelaskan.
50. Perbaiki kalimat tidak efektif berikut:
“Adik lagi sedang membaca buku pelajaran.”
🟩 KUNCI JAWABAN
Pilihan Ganda
1 C
2 C
3 C
4 B
5 C
6 B
7 A
8 B
9 C
10 B
11 C
12 A
13 C
14 B
15 C
16 B
17 A
18 A
19 C
20 A
21 B
22 D
23 C
24 C
25 B
26 B
27 A
28 A
29 B
30 B
31 A
32 B
33 A
34 C
35 C
Isian
-
Cantik/menawan/elok
-
Penakut
-
Persahabatan/pertemanan
-
Aktivitas
-
Ayo / Mari
-
Kesepakatan bersama
-
Guru menjelaskan pelajaran matematika dengan jelas.
-
“Ayo Jaga Kebersihan!” / “Lingkungan Bersih, Hidup Sehat”
-
Persuasif/menarik/singkat
-
Subjek dan predikat (minimal)
Uraian
Masalah: siswa malas membaca.
Solusi: menyediakan program membaca, membuat pojok baca, memberi jadwal literasi, memberi motivasi.
Contoh: “Ayo jaga lingkungan sekolah kita dengan membuang sampah pada tempatnya!”
Kesimpulan: partisipasi siswa meningkat, kesadaran lingkungan bertambah, atau kegiatan bersih-bersih berjalan efektif.
Ide pokok penting agar paragraf fokus, tidak melebar, dan mudah dipahami pembaca.
Perbaikan: “Adik sedang membaca buku pelajaran.”

